Dalam rangka evaluasi pelaksanaan program KKBPK dilaksanakan Rapat Review semester I Program KKBPK Provinsi Kepulauan Riau. Kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari tanggal 28-29 Agustus 2018 di Hotel CK Tanjungpinang dengan tema “Melalui Penelaahan Program Kependudukan Dan Keluarga Berencana Kita Mantapkan Akselerasi Program Kependudukan Dan Keluarga Berencana Di Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2018“ dibuka oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kepri dan diikuti oleh diikuti oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Provinsi Kepulauan Riau, OPD KB Kabupaten Kota dan Mitra Kerja terkait Program Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga seperti Tim Penggerak PKK, IBI, AKU, Pimpinan Rumah Sakit, Perguruan Tinggi dan Pimpinan Perusahaan.

Setelah mendengarkan Laporan Kepala Perwakilan BKKBPKN Provinsi Kepulauan Riau, Arahan Gubernur Kepulauan Riau dan Penyajian-penyajian telaah dari Kepala Dinas DP3AP2KB Provinsi Kepri, Perwakilan BKKBPKN dan OPD KB Kabupaten Kota, maka seluruh peserta rapat sepakat dengan rumusan hasil pertemuan sebagai berikut :

1. Rapat Review Semester I Tahun 2018 Program Pembangunan KKBPK tahun 2018 sangat strategis dalam rangka mengevaluasi pelaksanaan program KKBPK semester I tahun 2018, menyusun kebijakan dan strategi program KKBPK semester tahun 2018 serta menyusun kebijakan strategi dan sasaran Program KKBPK semester II Tahun 2018.

2. Pencapaian outcome program KKBPK harus diarahkan pada penurunan LPP, TFR, unmeet need, ASFR 15 -19 tahun serta peningkatan CPR dan median usia kawin pertama sesuai dengan target RPJMN 2015-2019 sehingga diharapkan dapat berkontribusi terhadap upaya penurunan angka kematian ibu melahirkan dan angka kematian bayi. Dari

3. Dalam rangka mencapai sasaran kinerja Program KKBPK 2018 perlu dilakukan akselerasi Program KKBPK yang meliputi: Penguatan kemitraan strategi Advokasi KIE, Pengembangan penggerakan kemitraan bidang pengendalian penduduk, Penguatan kemitraan program GENRE, Penggerakan kemitraan program pengasuhan Anak, Pengembangan kemitraan Pemberdayaan lansia dan Pengembangan SDM.

4. Perlunya dilakukan Analisa terhadap Perkembangan Program KKBPK di setiap tingkat wilayah yang diturunkan dari Hasil Laporan Perkembangan Program KKBPK Tingkat Provinsi Kepulauan Riau setiap bulannya (Tingkat Provinsi s.d Tingkat Desa/ Kelurahan). Hal ini dapat dijadikan acuan dalam melakukan perencanaan kegiatan di bulan mendatang pada rapat-rapat koordinasi dilapangan oleh para petugas lapangan KKBPK.

5. Data hasil Pencatatan dan Pelaporan yang berkualitas dapat dicapai dengan melibatkan seluruh pengelola data dan informasi dari tingkat bawah sampai dengan tingkat kabupaten/kota. 6. Akselerasi Hasil Pelayanan MKJP dapat dilakukan dengan cara melakukan Pelatihan/ Refreshing bagi Petugas Pelayanan maupun petugas konselornya, selain dapat dilakukan monitoring dan evaluasi bersama-sama dengan instansi terkait;

7. Perlu dilakukan pembinaan yang intens bagi Kabupaten/ Kota yang capaian Program KKBPK nya masih rendah oleh Perwakilan BKKBN Provinsi Kepulauan Riau dan Dinas PP, PA, Dalduk dan KB Provinsi Kepulauan Riau;

8. Perlunya peningkatan kualitas kader poktan dalam memberikan penyuluhan ke masyarakat terkait Program KKBPK;