Pada tanggal 30 – 31 agustus 2018 telah dilaksanakan kegiatan pelatihan bagi sdm forum puspa provinsi kepulauan riau dengan peserta berjumlah 35 orang terdiri dari pengurus forum komunikasi wilayah PMP3AP2KB Provinsi Kepulauan Riau (lembaga masyarakat, perguruan tinggi, dunia usaha dan media) sebanyak 30 orang dan 5 orang dari Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan KB Provinsi Kepulauan Riau.

Pelatihan yang dilaksanakan selama 2 hari mendatangkan narasumber dari :

1. Dinas P3AP2KB Provinsi Kepri, ibu Misni, SKM,M.Si

2. Pakar gender dari UNFPA (ibu Yuni Lestari) dengan materi identifikasi permasalahan dan isu perempuan dan anak dengan menggunakan dialog warga

3. Asosiasi Pengusaha Sahabat Anak Indonesia (APSAI) dengan materi pemanfaatan csr bagi lembaga masyarakat dan metode pembuatan proposal dalam pemanfaatan dana csr.

Tujuan diadakannya pelatihan bagi forum puspa daerah adalah :

1. Memperkenalkan kebijakan dan program strategis tentang pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak dalam mendukung pencapaian Three ends kepada pengurus dan anggota forum puspa Prov. Kepri.

2. Memperkenalkan prinsip kerja sinergi dalam percepatan pencapaian Three ends di kalangan pengurus dan anggota forum puspa daerah Prov. Kepri.

3. Meningkatkan kemampuan peserta tentang pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak dan pemenuhan hak anak.

4. Meningkatkan keterampilan peserta dalam melakukan pencegahan dan penanganan isu-isu perempuan dan anak