Dalam rangka Peningkatan Kapasitas Forum Anak Daerah sebagai agen perubahan dalam pembangunan dan mengajak sekitarnya terlibat dalam proses perubahan. Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengedalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Provinsi Kepulauan Riau melaksanakan kegiatan Pelatihan bagi Forum Anak Daerah sebagai Pelopor dan Pelapor. Bertempat di Hotel Aston, Tanjungpinang, pada tanggal 10 s.d. 12 Agustus 2018 kegiatan ini resmi dibuka oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengedalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Provinsi Kepulauan Riau, Misni, SKM, M.Si. Disampaikan dalam sambutan beliau bahwa Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau berkomitmen untuk menjadi yang terdepan melalui pelatihan pelopor dan pelapor yang tergabung dalam Forum Anak Daerah”.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 50 peserta yang terdiri dari Forum Anak Provinsi Kepulauan Riau dan Forum Anak Kabuapten/Kota se-Provinsi Kepulauan Riau. Upaya seperti ini harus terus dilakukan oleh semua pihak untuk mengintegrasikan program kegiatan yang responsif anak baik dalam pemenuhan hak anak dan perlindungan. Seiring dengan semakin berkembangnya Forum Anak di daerah, sudah seharusnya peran forum Anak sebagai Pelopor dan Pelapor (2P), menjadi agent of change dalam pembangunan.

Pelopor dan Pelapor atau disebut 2P adalah Sikap Positif dan Semangat yang harus dimiliki oleh Anak Indonesia. Pelopor berarti menjadi Agen Perubahan. Terlibat Aktif memanfaatkan waktu luang untuk kegiatan positif, bermanfaat dan bisa menginspirasi banyak orang sehingga banyak yang ikut terlibat melakukan perubahan yang lebih baik lagi. Pelapor berarti terlibat aktif menyampaikan pendapat/pandangan ketika mengalami, atau melihat atau merasakan tidak terpenuhinya hak perlindungan anak di sekitar, dengan melaporkan kepada badan yang menangani permasalahan perlindungan anak seperti P2TP2A.

Acara diawali dengan laporan ketua panitia oleh Elvi, S.Sos, MM kemudian sambutan dan pembukaan oleh Kepala DP3AP2KB Provinsi Kepulauan Riau Misni, SKM, M.Si. Untuk materi pelatihan disampaikan oleh Fadhil M Pradana Fasilitator Pusat dari Forum Anak Nasional. Kegiatan ini dimaksudkan agar remaja memiliki pengetahuan dan pemahaman yang lebih mendalam sebagai pelopor dan agen perubahan dalam pembangunan, sehingga forum anak diharapkan dapat menjadi orang yang bertahan dalam segala situasi dan kondisi serta mempunyai kemampuan yang dapat membantu dan mengajak orang lain disekitarnya agar dapat turut serta dalam proses perubahan.