Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengedalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Provinsi Kepulauan Riau, terus berkomitmen dalam pemenuhan hak anak khususnya dalam pengembangan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA). Hal ini antara lain diwujudkan melalui pelaksanaan kegiatan “Fasilitasi Penguatan Gugus Tugas KLA”. Kegiatan ini dilaksanakan di 3 Kabupaten di Provinsi Kepulauan Riau yakni di Kabupaten Natuna pada tanggal 14 Agustus 2018 bertempat di ruang rapat kantor Bupati Natuna dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Natuna Wan Iswandi, S.Sos, Kabupaten Lingga pada tanggal 20 Agustus 2018 di ruang rapat Bappelitbang Kabupaten Lingga dibuka oleh Kepala Bappelitbang Kabupaten Lingga Said Sudrajad, S.Sos dan Kabupaten Kepulauan Anambas pada tanggal 28 Agustus 2018 di ruang rapat Bappelitbang Kabupaten Kepulauan Anambas dibuka oleh Asisten III Kabupaten Kepulauan Anambas Drs. Yendi, MM.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk lebih meningkatkan koordinasi dan sinergitas Tim Gugus tugas KLA menyiapkan Kab/Kota menuju terwujudnya Kab/Kota di Provinsi Kepulauan Riau Layak Anak. Adapun yang menjadi peserta dalam kegiatan ini adalah Dinas Sosial PPA masing-masing Kabupaten dan OPD yang termasuk didalam Tim Gugus Tugas KLA Kabupaten serta OPD terkait yang berjumlah 40 orang. Sebagaimana yang di sampaikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Natuna Wan Siswandi, S.Sos.

Pada pelaksanaan kegiatan Fasilitasi Penguatan Gugus Tugas KLA di Kabupaten Natuna bahwa Kabupaten/Kota Layak Anak merupakan sistem pembangunan suatu wilayah administrasi yang mengintegrasikan komitmen dan sumberdaya pemerintah, masyarakat, stakeholder secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam program dan kegiatan pemenuhan hak-hak anak. Ini merupakan tanggungjawab kita bersama untuk mewujudkan Kabupaten Natuna khususnya dan Kabupaten/Kota di Provinsi Kepulauan Riau umumnya sebagai Kabupaten/Kota Layak Anak.