Dalam upaya pemenuhan hak anak dan perlindungan anak, DP3AP2KB pada 1-2 Oktober 2018 melaksanakan Workshop Penerapan Disiplin Positif di Hotel Aston, Pelita, Batam. Latar belakang dilaksanakannya Workshop ini karena masih banyak penerapan disiplin di sekolah yang memberikan hukuman yang mengandung kekerasan pada anak.

Disiplin Positif merupakan salah satu komponen dalam penerapan Sekolah Ramah Anak. Pengembangan disiplin Positif bagi para pendidik belum dikembangkan di Kepulauan Riau. Disiplin Positif adalah upaya mendidik anak agar memahami atau membangun kesadaran kritis anak terhadap perilakunya untuk bertanggung jawab, sehingga mampu mengendalikan perilaku dirinya sendiri, mendorong anak menghargai dirinya dan orang lain, dengan kata lain disiplin positif menanamkan proses pemikiran dan perilaku positif sepanjang hidup anak. Disiplin positif memanfaatkan kesalahan anak sebagai peluang pembelajaran, anak menyadari kesalahannya sehingga kedepan menjadi lebih baik.

Dari kegiatan ini diharapkan seluruh aspek mulai dari Kepala Sekolah, Guru, Komite, Pengawas Sekolah, Lembaga Pemerhati Anak sampai dengan Masyarakat dapat mediseminasi ilmu yang didapat dilingkungan masing-masing dan melibatkan anak dalam penerapan disiplin positif ini sehingga anak-anak dapat tumbuh dan berkembang secara maksimal.