Kampung KB merupakan satuan wilayah setingkat Desa/Kelurahan dengan kriteria tertentu yang melaksanakan program Kependudukan, KB dan pembangunan keluarga secara komperhensif dan terintegrasi dengan program pembangunan lintas sektor lainya, dalam rangka meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat menuju bonus demografi.

Sampai dengan Desember 2018 terdapat 126 kampung KB di Provinsi Kepri, dengan rincian : di Kota Batam sebanyak 13 kampung KB, Tanjungpinang sebanyak 5 kampung KB, Bintan sebanyak 15 Kampung KB, Karimun sebanyak 24 kampung KB, Natuna sebanyak 32 kampung KB, Lingga sebanyak 26 kampung KB dan Anambas sebanyak 11 kampung KB.

Pada tahun 2018 Prov,Kepri melakukan pengembangan terhadap salah satu kampung KB di Kelurahan Teluk Uma RW 02 Kab. Karimun. Adapun Kegiatan yang dilakukan, meliputi :

1. Temu warga Kampung KB dan Pembentukan Kelompok UPPKS

2. Rakor dengan OPD terkait, Tokoh masyarakat dan unsur yang berperan di tingkat Kabupaten.

3. Pelatihan tentang Kesehatan dan KB

4. Pelatihan Penyalahgunaan dan Pemberantasan Peredaran gelap Narkoba

5. Pelatihan Tanaman Hias bagi Kelompok UPPKS.

Pada tanggal 08 desember 2018 Bapak Gubenur Kepri menghadiri temu warga kampung KB dan menyampaikan pesan bahwa kampung KB yang terbentuk merupakan kegiatan dari, oleh dan untuk masyarakat, maka pelatihan yang sudah dilaksanakan agar dapat dikembangkan seperti Budidaya Tanaman Hias yang sudah mulai tertata secara baik oleh UPPKS RW 02 Kelurahan Teluk Uma. Diharapkan kegiatan tanaman hias ini juga akan menjadi sumber pendapatan bagi masyarakat pembudidaya Tanaman Hias.