Masalah yang berkaitan dengan perempuan dan anak semakin beraneka ragam seiring perkembangan jaman. Ini menjadi tantangan bagi Negara, masyarakat, keluarga dan orang tua untuk menyikapi permasalahan tersebut. Untuk itu perlu dilakukan berbagai upaya dalam perlindungan perempuan dan anak, salah satu bentuk upaya yang dilakukan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan KB adalah dengan melibatkan mahasiswa dari berbagai universitas dan sekolah tinggi yang ada di Tanjungpinang dan Bintan.

Setelah dibentuk Forum Mahasiswa Peduli Perempuan dan Anak (FMPPA) pada tahun 2018, selanjutnya dilakukan pembekalan bagi mahasiswa tersebut berupa pelatihan dengan berbagai materi seputar perlindungan perempuan dan anak, peraturan-peraturan terkait perempuan dan anak serta teknik pendampingan Korban.

Setelah mengikuti pembekalan yang dilakukan selama 2 (dua) hari yaitu pada tanggal 30-31 Januari 2019 yang bertempat di Kantor PUSPAGA, selanjutnya diharapkan FMPPA ini dapat menerapkan ilmu yang sudah mereka dapat dengan melakukan pembinaan di 2 (dua) desa Binaan yang belum tersentuh oleh kegiatan-kegiatan Pemerintah khususnya terkait perlindungan perempuan dan anak.

Kepala DP3AP2KB Ibu Misni, SKM, MSi berharap dengan semakin banyak partisipasi masyarakat dalam pecegahan sampai pada penanganan terkait perlindungan dan anak maka kasus-kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak akan semakin menurun.