Pemerintah dalam hal ini Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Kepulauan Riau memperpanjang Perjanjian Kerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Jawa Tengah tentang Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO). Perpanjangan ini berlaku selama 5 tahun kedepan dimulai April 2018 sampai dengan April 2023.Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Harmoni One Kota Batam pada 11-13 April 2018.

Tujuan dari perpanjangan Kerjasama ini adalah untuk memberikan pelayanan kepada korban kekerasan dan TPPO secara maksimal oleh masing-masing Provinsi. Selain itu, telah dilakukan koordinasi pengembangluasan perjanjian kerjasama antara Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Kepulauan Riau dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Sulawesi Tengah dan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Sulawesi Utara tentang TPPO. Pembahasan Draft Perjanjian Kerjasama sedang dalam tahap Proses, yang direncanakan pada Bulan Mei Tahun 2018 akan dilakukan penandatanganannya.

Pada Kesempatan yang sama dilaksanakan kegiatan Penyerasian Peraturan Perundang- Undangan terkait Perlindungan Perempuan yang dibuka oleh Sekretaris Deputi Perlindungan Hak Perempuan Ibu Sunarti, M.Si. selanjutnya penyampaian Sambutan oleh Gubernur Kepulauan Riau yang diwakili oleh Staf Ahli bidang Ekonomi dan Pembangunan Bapak Drs. H. Eko Sumbaryadi, MM.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Kepulauan Riau Ibu Misni, SKM, MSi menyampaikan paparan terkait Kebijakan Perlindungan Hak Perempuan di Provinsi Kepulauan Riau. Hasil Pertemuan kegiatan Penyerasian Peraturan Perundang- Undangan terkait Perlindungan Perempuan adalah rekomendasi untuk perubahan substansi UU No 23 tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (P KDRT).