Kepala DP3AP2KB Provinsi Kepulauan Riau (Ibu Misni, SKM, MSi) mewakili Gubernur Kepulauan Riau menyampaikan sambutan sekaligus membuka acara Dialog Interaktif dan Pagelaran Seni dengan tema “Peran Kepemimpinan Perempuan dalam Mengembangkan Budaya dan Pendidikan di Era Milenial” yang merupakan kegiatan dari Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia di Aula Wan Seri Beni Dompak Tanjungpinang tanggal 24 April 2018.

Pada sambutannya disampaikan bahwa Pembangunan dan Perempuan adalah merupakan rangkaian mata rantai yang saling berkaitan antara satu dengan lainnya, dan tidak bisa dipisahkan. Namun pada kenyataannya proses dan hasil pembangunan masih belum seluruhnya berpihak kepada perempuan (responsif gender), baik dalam aspek perencanaan dan penentuan kebijakan serta pada tahap pelaksanaan terutama pada bidang Pendidikan, Kesehatan, Ekonomi, Politik dan Hukum maupun Sosial Budaya dan Lingkungan.

Sekitar 139 Tahun yang lalu seorang perempuan yang sampai saat ini kita kenal sebagai salah seorang Tokoh Perempuan yang bernama R.A Kartini telah membuktikan bahwa sesungguhnya perempuan mampu untuk berkarya setara dengan kaum laki-laki. Sosok kartini merupakan sosok keteladanan, antara lain : Sederhana, Berani dan Optimisme serta Independen/ Mandiri.

Perempuan di Provinsi Kepri telah banyak melakukan karya nyata baik yang dilakukan secara perseorangan maupun melalui wadah organisasi kemasyarakatan, kelompok mahasiswa dan lembaga lainnya. Hari ini kita saksikan perempuan sudah mengambil peran sebagai pejabat publik, ada wakil kepala daerah, DPRD dan akademisi yang sangat mumpuni. Kita berharap dimasa yang akan datang semakin banyak perempuan yang mengambil peran dijabatan politik, publik, serta dunia usaha sebagai penopang ekonomi perempuan.