Kepala DP3AP2KB Provinsi Kepulauan Riau (Ibu Misni, SKM, MSi) menghadiri Kegiatan Peningkatan Kapasitas Aparat Penegak Hukum dalam Perlindungan dan Penanganan Anak Yang Berhadapan dengan Hukum (ABH) Provinsi Kepulauan Riau, Riau, Sumatera Barat dan Sumatera Utara pada 26 April 2018 di I Hotel, Baloi Batam.

Anak merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari keberlangsungan hidup manusia dan keberlangsungan suatu bangsa dan Negara, anak memiliki peran strategis yang secara tegas dinyatakan bahwa Negara menjamin hak tiap anak atas keberlangsungan hidup, termasuk hak untuk tumbuh dan berkembang.

Peningkatan Kapasitas Aparat Penegak Hukum dalam Perlindungan dan Penanganan Anak Yang Berhadapan dengan Hukum (ABH) sangat penting agar dalam penanganan perkara kekerasan antara aparat penegak hukum seperti Kepolisian, Kejaksaan dan Pengadilan memiliki persepsi yang sama.

Dalam upaya meningkatkan penanganan anak yang berhadapan dengan pendekatan keadilan restorative, pemerintah telah menerbitkan Undang-undang No.11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak. Namun belum berjalan sebagaimana mestinya.